Ciri-ciri Kanker Testis Para Pria Waspadalah

Ciri-ciri Kanker Testis Waspadalah Para Pria - Cirikanker.com,- Kanker testis hanya terjadi pada kaum pria, usia yang rentan terserang adalah mereka yang berusia antara 15 sampai 50 tahun. Testis adalah organ salah satu dari bagian organ reproduksi pada manusia berkelamin jantan yang secara fungsional memproduksi sperma dan hormon testosteron. Bentuknya seperti seperti oval dan berjumlah dua buah. Biasanya kanker testis akan terdeteksi jika sudah stadium lanjut atau akhir, sebab pada awal-awal tidak menunjukan gejala yang sangat bisa untuk diamati secara mudah.

ciri-ciri kanker testisCiri-ciri Kanker Testis Yang Harus Diwaspadai Pria

Gejala atau ciri-ciri kanker testis sangatlah beragam tergantung faktor penyebab dan letak pertumbuhan sel tumornya dimana. Namun secara umum ciri ciri yang bisa di lihat diantaranya adalah timbul benjolan di area testis, terjadi pembengkakan, merasa pegal di daerah skrotum, testis terasa berat dan sakit. 

Inilah 6 gejala atau Ciri-ciri Kanker Testis

  1. Timbul benjolan. Seperti pada gejala-gejala kanker lainnya, benjolan yang muncul adalah akibat dari pertumbuhan sel abnormal yang terus menerus bertumbuh menjadi jaringan bahkan menjadi organ (daging). Pada Kanker Testis benjolan ini biasanya kecil seperti bisul, namun jika tidak segera di operasi akan menjadi besar dan sangat membahayakan keselamatan.
  2. Pembengkakan Testis, testis yang terserang tumor ganas akan mengalami pembengkakan, hal ini merupakan reaksi dari infeksi yang di akibatkan oleh liarnya pertumbuhan sel abnormal di sekitar tesis.
  3. Testis dan skortum menjadi pegal. Rasa yang tidak nyaman yang dialami oleh si penderita adalah testis yang merasa pegal, rasa pegal ini seperti rasa pegal pada bahu atau betis kalau berjalan yang jauh, pada testis rasa pegal ini akan terasa sebab selama sel jahat mengalami pertumbuhan beberapa sel sehat pada testis berusaha melawannya. Begitupun dengan skrotum yang menyelimuti testis. Rasa pegal ini tidak akan berlangsung lama mungkin hanya beberapa menit, namu rasa pegal akan datang lagi datang lagi beberapa saat setelah hilang.
  4. Tubuh menjadi cepat lelah. Jika testis mengalami gangguan atau mengalami sakit maka produksi hormon testosteron akan terhambat, sehingga gairah dan rasa berani yang biasanya dimiliki seorang lelaki akan hilang, akhirnya si penderita akan merasa cepat dan lelah, cepat bosan dan bahkan bawaannya merasa ngantuk.
  5. Testis menjadi sakit. Rasa sakit yang timbul bisa jadi karena adanya infeksi dari tumor tadi, jadi ketika testis bergesekan akan sangat menyakitkan, bukan saja jika tertekan atau bergeseran namun ketika testis melakukan ereksi, bukannya mendapatkan sensasi nikmat, yang ada malah rasa sakit. Rasa sakit ini akan semakin menjadi terutama pada bagian yang tedapat benjolan
  6. Skrotum terasa lebih berat. Rasa berat yang dialami oleh skrotum sangatlah logis, sebab bagian ini menganggak beban yang tidak biasanya, jika biasanya skortum hanya mengangkat testis dengan berat yang normal. Maka ketika kangker skortum akan mengangkat beban dengan tambahan berat, tergantung besarnya benjolan yang dihasilkan oleh tumor, semakin besar makan skroum akan terasa semakin berat.

Itulah sedikit informasi mengenai gejala atau ciri-ciri kanker testis yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat. Sekian semoga Alloh S.W.T melindungi kita semua dari penyakit yang menyakitkan ini. Aamiin.