Ciri-ciri Kanker Saluran Empedu dan Penyebabnya

Ciri-ciri Kanker Saluran Empedu dan Penyebabnya - Cirikanker.com,- Meskipun kanker saluran empedu sangat sulit dideteksi sejak dini sebab pada stadium awal tidak menunjukan gejala dan tanda-tanda yang dapat dilihat, namun gallbladder sudah sering menjadi tanda atau digunakan tanda untuk mendiagnosis apakah seseorang terjangkit kanker atau tidak. Biasanya kanker saluran empedu adalah komplikasi dari saluran batu empedu. Jadi dokter ketika melakukan operasi pengangkutan tumor empedu bisa melihat daerah sekitar hati termasuk gallbladder yang ada di dalam bawah hati.

ciri-ciri kanker saluran empeduCiri-ciri Kanker Saluran Empedu Yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Kanker Empedu yang dapat di amati hampir mirif dengan gejala kanker buah hati. Yaitu seperti sakit perut mual-mual, muntah penyakit kuning, pembesaran gallbladder, untuk lebih detilnya dibawah ini.

Inilah 4 Gejala atau Ciri-ciri Kanker Saluran Empedu :

  1. Ciri-ciri kanker saluran empedu yang pertama adalah Adanya pembesaran di hati atau lebih dikenal dengan gallbladder. Terjadinya pembesaran adalah karena hasil dari perubahan fungsional tubuh. Penjelasanya, jika sistem bilier pada saluran empedu diblock / blokir maka empedu akan terjadi pembesaran, pembesaran ini akan terasa selama pemeriksaan visik dan atau ketika melakukan visualisasi selama scan USG.
  2. Ciri-ciri kanker saluran empedu yang kedua adalah terkena Penyakit kuning pada seluruh tubuh, khususnya kulit dan mata. Jika ada penyumbatan pada sistem bilier maka cairan yang seharusnya disasring oleh empedu akan merembes atau bocor dan mengalir masuk ke dalam darah. Warna kuning yang timbul adalah dari pigmen empedu, seperti yang kita ketahui pigmen empedu adalah berwarna kekuning-kuningan. Pigmen ini jika menyebar dalam darah secara otomatis akan tersebar keseluruh tubuh, dan akan tersimpan di bagian kulit dan kuku. Warna kuning ini akan semakin pekat jika pasien terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan. Selain warna kuning pada kulit, kuku dan mata. Biasanya urine juga menjadi warna kuning, dan sebalikinya warna tinja akan menjadi putih namun berwarna pucat dan ada campuran zat kapur. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pigmen dari empedu yang mengalir kepada saluran feses. Jika penyakit ini terus dibiaarkan maka akan menyebabkan kematian. Untuk itu segeralah menghubungi dokter.
  1. Sering Mual dan Muntah juga merupakan gejala atau ciri-ciri kanker saluran empedu. Pada stadium awal, pasien akan jarang merasakan hal ini, sebab tubuh masih bisa memberikan sistem imun, namun berbeda jika tumor sudah membesar dan menjadi stadium akhir. Rasa mual akan smakin intens, dan akan mempengaruhi nafsu makan juga, selain merasa mual perut juga akan merasa kembung terutama jika habis makan makanan lemak.
  2. Dan ciri-ciri kanker saluran empedu yang terakhir adalah sering Sakit perut. Rasa sakit ini biasanya terjadi diperut bagian sisi kanan, rasa sakit ini biasanya seperti di tusuk-tusuk jarum, dan akan sedikit membuat sesak nafas. Rasa sakit ini akan semakin sakit terutama jika pasien telah mengalami operasi untuk melakukan blokir salah satu bagian hati akibat terkena kanker batu empedu.

Empat ciri-ciri kanker saluran empedu yang telah admin sebutkan diatas, menjadi gejala utama yang sering ditanyakan dokter sebelum mendiagnosis seorang pasien apakah terkena kanker atau tidak. Bagi anda yang masih sehat, alangkah baiknya dari sekarang mengkonsumsi makanan yang sehat. Sebab penyakit kanker saluran empedu terjadi akibat overdosisnya empedu menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh.