7 Ciri-ciri Kanker Payudara Para Wanita Waspadalah

Ciri-ciri Kanker Payudara dan Penyebab Kanker Payudara - Cirikanker.com,- Kanker payudara sebagian besar menyerang kaum wanita, namun ada 10% penderita pengidap kanker payudara adalah pria. Kebanyakan orang suka mengabaikan ciri-ciri gejala awal dari kanker payudara ini, terutama stadium 2, sehingga ketika mereka periksa kedokter sudah terjangkit kanker stadium 3 dan 4 sehingga tidak ada lagi cara untuk mencegah tumor payudara yang terus berkembang. Namun meskipun demikian masih ada cara untuk mengobati kanker payudara agar bisa sembuh seperti sedia kala. Bagi kita yang masih sehat, alangkah baiknya menyimak ciri –ciri dan tanda dari gejala kanker payudara di bawah ini:

ciri-ciri kanker payudaraCiri-Ciri Kanker Payudara Wanita Waspadalah !!

  1. Ciri-ciri kanker payudara yang pertama adalah munculnya benjolan atau penebalan tertentu di sekitar payudara. Biasanya pada stadium awal benjolan ini bisa ditemukan pada bagian payudara dekat sebelah ketaik. Meskipun tidak mutlak benjolan ini adalah tumor, namun, anda tetap harus waspada. Karakteristik benjolan yang bisa dianggap kanker adalah: benjolan tersebut keras, tidak mudah dibedakan, benjolan tidak berpindah- pindah, jumlah benjolan satu namun terus membesar, pada payudara sebelahnya tidak terdapat. Kulit payudara menjadi lesung pipit, dan pada staidum lanjut benjolan ini biasa mengeluarkan cairan.
  2. Ukuran dan bentuk payudara berubah secara drastis dan tanpa ada alasan yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Ini merupakan gejala atau ciri-ciri kanker payudara yang benar-benar harus segera di tangani. Biasanya wanita akan cepat sadar ketika bercermin atau mandi dan mendapati adanya perubahan payudara mereka. Perubahan Ukuran ini biasanya menjadi kecil. Dan bentuk biasanya menjadi terkulai kebawah.
  3. Ciri-ciri kanker payudara yang ketiga adalah terdapat kerutan pada bagian payudara. Meskipun hal ini biasa terjadi pada orang yang dewasa, namun jika kerutan ini terjadi pada usia yang tidak semestinya anda harus waspada. Terutama jika kerutan berada pada dekat benjolan. Ciri kerutan kanker payudara biasanya permukaannya kulit jadi kasar.
  4. Ciri-ciri kanker payudara yang ke empat adalah keluarnya cairan dari puting susu tanpa adanya alasan hamil. Warna cairan ini biasanya kekuningan seperti nanah, atau bisa juga seperti lendir bening, dengan bentuk yang kental, namun jika yang keluar adalah darah maka warnanya akan kecoklatan.
  5. Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya adalah ada rasa nyeri pada bagian tertentu payudara. Nyeri tertentu ini biasanya pas ada benjolan, harus dibedakan antara nyeri payudara karena kanker dengan rasa nyeri karena masa haid atau hamil. Karena rasa nyeri tersebut akan hilang sebagaimana masa hamil / mesntruasi selesai. Namun sakit payudara akibat kanker akan terus sakit tiap harinya, dan tidak akan sembuh sebelum kanker itu diangkat / di operasi.
  6. Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya adalah munculnya ruam merah dan payudara membengkak. Perubahan yang sangat drastis itu terlihat dari warna kulit di sekitar benjolan, warna ini sebagai dampak dari rasa sakit akibat infeksi tumor ganas payudara (stadium akhir 4)
  7. Dan ciri-ciri kanker payudara yang terakhir adalah Puting menjadi Gatal, bersisik, ada ruam di puting dan putingnya Masuk kedalam glandula mamae. Rasa gatal yang timbul disebabkan oleh adanya alergi sekitar sel dan jaringan payudara terhadap tumor liar penyebab kanker. Dan untuk ruam biasanya hanya terjadi di sebulad puting. Jika gejala ini terdapat semua, segeralah menghubungi dokter.

Setelah membaca ciri-ciri kanker payudara diatas, segeralah minta dokter agar bisa mendiagnosis anda, baik itu melalui mammogram atau dengan biopsi setelah dilakukan scanning dari gejala yang dirasakan. Semoga anda bisa menemukan cara mencegah sekaligus mengobati kanker payudara stadium awal dan atau staidum akhir. Percayalah jika terus berdo’a dan berdzikir kepada Alloh S.WT. pasti Allah mengabulkan keinginan anda.