Ciri-ciri Kanker Paru-paru dan Penyebab Kanker Paru

Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru Waspadalah - Cirikanker.com,- Kanker paru-paru adalah pembunuh pria nomor satu di Indonesia, namun banyak juga wanita yang terserang, terutama mereka yang merupakan perokok. Bahkan balita, anak-anak, dan usia remaja lebih rentan bisa terkena kanker paru-paru  Menurut laporan Ikatan dokter indonesia penyakit ini 40% berhasil di diagnosis setelah stadium lanjut 3, hal ini disebabkan kurang tanggapnya pasien dalam memeriksakan kondisi keshatan kepada dokter.

ciri-ciri kanker paru-paruCiri-Ciri Kanker Paru-paru dan Penyebabnya

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kanker paru-paru. Diantaranya adalah merokok setiap hari dengan jumlah yang banyak, menjadi prokok pasif (tidak merokok namun menghisap asap dari rokok orang lain), riwayat kesehatan keluarga (faktor genetik) dan terakhir paparan karsinogen (nikel, kromium dan aresnik).

Ada banyak gejala atau ciri-ciri kanker paru-paru yang bisa dijadikan untuk mendiagnosa apakah seseorang terkena kanker paru-paru atau tidak. Keuntungan dengan mengetahui ciri-ciri kanker sejak dini kita bisa melakukan pencegahan sebelum tumor kanker paru-paru stadium akhir.

Berikut adalah Gejala atau Ciri-ciri Kanker Paru-paru :

  1. Batuk tanpa henti. Meskipun batuk sudah menjadi penyakit yang sudah merakyat, karena batuk bisa terjadi begitu saja jika kita kedinginan, atau karena demam, namun jika batuknya terjadi dengan sering tanpa ada sebab yang lain dan bahkan jika batuknya lebih parah dari hari ke hari dan tidak sembuh dalam hitungan minggu maka anda harus segera melakukan X-ray di rumah sakit. Sebab bisa jadi itu ciri-ciri kanker paru-paru
  2. Kehabisan napas. Ketika kita melakukan sesuatu yang berat seperti lari yang jauh, dalam suasana yang tegang. Dan bekerja yang begitu berat maka normal jika kita merasa terengah-engah, namun bagaimana jika suasana biasa saja tapi napas sesak seperti sudah melakukan pekerjaan yang berat ? bisa saja itu adalah gejala kanker
  3. Ciri-ciri kanker paru-paru selanjutnya adalah perubahan Suara. Perubahan yang sering dialami biasanya menjadi serak dan berat. Perubahan ini berlangsung dalam waktu yag sangat lama, dan biasanya setelah berbicara akan mengalami batuk yang disertai lendir.
  4. Napas menjadi berbunyi. Ketika kita tidur mungkin napas yang berbunyi adalah hal biasa (mendengkur)namun bagaimana jika dalam keadaan biasa saja tapi napas menjadi bersuara ? bisa jadi itu gejala kanker, nafas tersebut keluar dari paru-paru yang terbasahi olehg sel tumor
  5. Mengi adalah suara yang timbul ketika bernafas, nadanya seperti siulan. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan di organ paru-paru. Terutama paru-paru yang sudah mengalami peradangan cukup parah.
  6. Dada menjadi Sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan berupa gatal di dalam tubuh, sehingga ketika dada sakit maka otomatis akan batuk.
  7. Ciri-ciri kanker paru-paru selanjutnya adalah Napas menjadi pendek. Para pengidap kanker paru-paru biasanya napasnya akan menajdi pendek-pendek, hal ini diakibatkan oleh penyempitan saluran pernapasan. Terjadinya penyempitan karena terhambat oleh sel tumor yang berkembang.
  8. Bagian wajah dan leher menjadi bengkak. Terjadi bengkakan ini disebabkan oleh iritasi yang terjadi di paru-paru.
  9. Tulang Terasa Nyeri. Tulang penderita kanker akan mengalami rasa sakit linu
  10. Dan yang terakhir ciri-ciri kanker paru-paru adalah Sulit menelan makanan.  Jika penderita kanker makan, maka ia akan kesulitan untuk menelan, sebab udara yang diperlukan untuk menelan terhambat. Jika hal ini tidak segera diatasi bisa mengakibatkan kematian,

Itulah informasi mengenai ciri-ciri kanker paru-paru, dari awal sampai akhir mungkin itulah yang dapat kami sampaikan. Semoga apaa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi amal kebaikan untuk kami. Salam sehat.