Ciri-ciri Kanker Nasofaring atau Kanker Hidung

Ciri-Ciri Kanker Nasofaring atau Kanker Hidung - Cirikanker.com,- Kanker Nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian belakang hidung tepat di bagian atas tenggorokan yang tersambung ke orofaring. Nasofaring berfungsi sebagai saluran pernafasan khusus sebagai penyalur oksigen. Jadi jika saluran ini terganggu akan mengakibatkan sesak nafas dan kematian. Di Indonesia Kanker Nasofaring sangat rendah persentasinya tidak separah sakit kanker paru-paru, kanker serviks atau kanker otak. Meskipun persentasinya rendah kita tetap harus waspada dan terus mengamati ciri-ciri atau gejala yang mungkin timbul disebabkan oleh berbagai faktor.

ciri-ciri kanker nasofaringCiri-ciri Kanker Nasofaring dan Faktor Penyebabnya

Faktor Kanker Nasofaring umumnya karena konsumsi obat-obatan, terkena paparan radiasi, adanya infeksi dan terjadi komplikasi dari berbagai kanker, di indonesia sering disebut juga dengan kanker THT, yang menyerang telinga, padahal meskipun berdekatan tapi kanker tersebut berbeda dengan kanker telinga.

Ciri-ciri kanker Nasofaring ini biasanya tidak disadari pada stadium awal karena kebanyakan orang menganggap remeh karena gejala yang ditimbulkan mirip seperti gejala flu biasa, namun jika teliti maka akan terlihat perbedaanya.

Berikut adalah 7 Gejala atau Ciri-ciri Kanker Nasofaring :

  1. Kesulitan bernafas. Pada stadium awal, sulitnya bernafas bisa disebabkan karena hidung tersumbat atau hidung serasa terisi penduh dengan lendir. Dan orang- orang menganggapnya itu adalah gejala flu, padahal bukan. Dan ketika stadium akhir kesulitan ini terjadi karena adanya benjolan pada saluran pernafasan yang membuat himpitan, sehingga udara yang di hirup menjadi sedikit.
  2. Mengalami gangguan berbicara. Para penderita Kanker Nasofaring selain sulit bernafas mereka juga sulit untuk berbicara, hal ini disebabkan terhambatnya udara yang keluar, sehingga kerja pernapasan menjadi ekstra dalam membagi oksigen antara untuk bernafas dan menyalurkan darah. Kesulitan ini juga akibat adanya gangguan pada tenggorokan.
  3. Mengalami gangguan pada pendengaran dan telinga. Ketika sel kanker sudah menyebar kepada bagian telinga maka akan merasakan berbagai gangguan seperti, ada dengungan, merasa gatal dan bahkan bisa menyebabkan ketulian. Selain itu akibat dari gangguan ini bisa membuat kepala menjadi sakit.
  4. Terdapat benjolan di hidung dan di leher. Ketika Kanker Nasofaring sudah mencapai staidum akut maka akan menyebabkan benjolan, benjolan ini bisa diraba, bahkan bisa terlihat oleh kasat mata. Benjolan ini semakin lama akan terasa nyeri jika diraba. Dan akan membesar seperti gondok
  5. Tenggorokan menjadi sakit. Biasanya sebelum tenggorokan yang menjadi sakit, rasa sakit akan berawal dari bagian leher dulu. Jika pasien sudah mengalami sakit tenggorokan hal bahaya selanjutnya adalah akan mengalami sakit menelan dan sulit berbicara bahkan tuli.
  6. Mimisan, akibat dari darah yang dihasilkan oleh sel tumor Kanker Nasofaring yang tidak segera diangkat, maka darah akan dikeluarkan melalui mimis, lebih parahnya darah ini akan dikeluarkan melalui telinga dan kebanyakan kasus di muntahkan ketika batuk berlendir.
  7. Penglihatan menjadi terganggu. Stadium Kanker Nasofaring yang akut akan menyebabkan penglihatan terganggu, dan pusing. Beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri Kanker Nasofaring semoga bermanfaat untuk semua. Mohon maafj jika ada salah dalam penyampaian informasi ini karena memang kami bukan dokter, kami hanya blogger yang ingin sharing mengenai masalah kesehatan.