Ciri-ciri Myeloma - Multiple myeloma - Kanker Tulang Sumsum

Ciri-Ciri Kanker Myeloma atau Kanker Sel Plasma Tulang Sumsum - Cirikanker.com,- Kanker myeloma atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah Multiple myeloma adalah suatu kanker yang menyerang sel plasma tulang sumsum manusia. sehingga menyebabkan sel myeloma lebih banyak ketimbang sel darah yang sehat lainnya. Dampak merugikannya adalah bukannya memproduksi protein penghasil antibodi untuk melawan bakteri dan virus berbahaya, namun malah memproduksi protein abnormal sehingga merugikan bagi tuubuh manusia. kanker ini bisa berkomplikasi dengan sel kanker lainnya seperti ginjal dan tulang.

ciri-ciri kanker myelomaCiri-ciri Kanker Myeloma atau Kanker Sel Plasma Tulang Sumsum

Meskipun kanker ini terbilan kanker yang jarang, dan hanya menyerang kaum pria usia diatas 60 tahunan, namun alangkah baiknya memperhatikan gejala –gejala dibawah ini agar supaya kita bisa mencegah terjadinya kanker langka ini.

Berikut adalah Gejala atau Ciri-ciri Kanker Myeloma

  1. Ciri-ciri kanker myeloma yang pertama adalah Kehilangan selera makan. Selera makan ini akan terus berkurang apalagi ketika Kanker Myeloma sudah stadium lanjut. Sebab pasien tidak lagi bisa bebas untuk bergerak, ketika bergerak sedikit sudah merasa lelah.
  2. Ciri-ciri kanker myeloma yang kedua adalah kesusahan BAB. Meskipun makannya hanya sedikit namun pasien akan mengalami kesusahan dalam BAB, hal ini dipengaruhi oleh tenaga yang dikeluarkan oleh tulang sedikit, sehingga dorongan untuk mengeluarkan feses tidak ada dan akhirnya terjadilah konstipasi.
  3. Ciri-ciri kanker myeloma yang ketiga adalah Sakit tulang, terutama pada bagian vertebrae (Tulang belakang) dan dada. Kedua tulang ini adala tulang yang sangat banyak berinteraksi, bahkan ketika dudukpun kedua bagian tulang ini bekerja sehingga otomatis akan mengalami rasa sakit yang tidak terelakan. Rasa sakit ini akan semakin terasa terutama jika waktu bangun tidur di pagi hari
  4. Ciri-ciri kanker myeloma yang keempat adalah Cepat lelah. Meskipun hanya berjalan sejau lima meter namun mereka penderita Kanker Myeloma akan merasa sudah lelah, jika hal ini terus dilakukan maka akan mengalami pusing dan akhirnya bisa mengakibatkan si penderita pingsan.
  5. Terus menerus merasa haus. Rasa haus yang timbul adalah upaya tubuh untuk menyeimbangkan asupan nutrisi bagi tubuh, sebab penderita Kanker Myeloma tidak berselera untuk makan. Selain itu tubuh akan menstimulan untuk terus minum agar supaya tulang terus tersiram oleh darah segar.
  6. Mudah sekali terserang infeksi. Alasan mudahnya terserang infeksi adalah karena sel myeloma yang seharusnya bekerja dengan giat menghasilkan protein untuk sumber energi antibodi malah menghasilkan protein abnormal yang malah menyerang cadangan antibodi yang ada. Otomatis jika ada virus, bakteri atau apapun apalagi yang diakibatkan luka akan cepat terinfeksi, sebab tubuh tidak lagi memiliki antibodi atau imun yang seharusnya melindungi tubuh.
  7. Mudah bingung dan mental menjadi berkurang. Kebingunan dan mental yang semakin hari terus semakin menurun adalah akibat dari kurangnya konsentrasi otak, sebab otak tidak bisa fokus karena adanya gangguan pada produksi sum sum tulang yang abnormal
  8. Ciri-ciri kanker myeloma yang terakhir adalah Mengalami mati rasa pada tumit kaki dan telapak tangan. Gejala ini akan timbul pada penderita Kanker Myeloma yang sudah menginjak stadium akhir 4, hal ini disebabkan sudah rusaknya tulang belakang, jika tulang belakang rusak banget maka bukan hanya menyebabkan mati rasa, namun akan menyebabkan kelumpuhan dan mati otak.

Sekian artikel yang dapat kami share mudah-mudahan informasi mengenai ciri-ciri kanker myeloma bisa membantu anda.