Ciri-ciri Kanker Limfoma atau Kelenjar Getah Bening

Ciri-Ciri Kanker Limfoma Faktor dan Penyebab - Cirikanker.com,- Kanker Limfoma seringkali juga dikenal dengan sebutan kanker kelenjar getah bening. Kanker ini diakibatkan oleh tumor yang menyerang sistem limfatik yang merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia untuk membentuk barisan imun yang berfungsi melawan benda-benda asing dari dalam maupun luar tubuh, termasuk sel yang tumbuh akibat infeksi kanker.

ciri-ciri kanker limfomaCiri-Ciri kanker Limfoma atau Kelenjar Getah Bening

Kanker ini muncul oleh dari dua sumber, yaitu yang berasal dari sel jaringan limfoma itu sendiri (kanker primer kelenjar limfoma) dan yang kedua timbul akibat adanya penyebaran sel tumor dari bagian tubuh lain yang sudah terinfeksi kanker. Misalnya dari daerah paru-paru, payudara, kulit, kanker akibat ini disebut kanker sekunder. Untuk kanker limfoma ini ada dua macam yaitu limfoma hodgkin dan non-Hodgkin, meskipun tampaknya serupa, namun kedua kanker ini sangat berbeda dan mempunyai ciri yang khas. Ciri-Ciri Kanker Limfoma atau Kelenjar Getah Bening. Untuk mempermudah, admin akan memaparkan ini menjadi dua bagian sesuai dengan jenis yang sudah dipaparkan diatas, yang pertama adalah Non-Hodgkin dan kedua adalah Limfoma Hodgkin.

Ciri-ciri Kanker Limfoma Hodgkin dan non-hodgkin

Ciri-Ciri Kanker Limfoma Non-Hodgkin. Ada beragam tanda yang ditimbulkan oleh kanker ini, semuanya tergantung lokasi kanker yang berkembang, dan seberapa parah infeksi yang di timbulkannya.

  1. Terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening di bagian leher, selanagkangan, dan ketiak. Pembengkakan ini diiringi oleh rasa sakit.
  2. Terjadi pembesaran dan pembengkakan di bagian perut, khususnya perut bagian atas dekat uluh hati.
  3. Perut selalu merasa kenyang meskipun hanya makan satu atau dua suap nasi. Atau bahkan dengan minum sepermpat gelas saja tubuh merasa sudah kenyang.
  4. Dada akan terasa sakit jika tertekan meskipun tekanannya rendah.
  5. Mengalami sesak nafas dan Batuk yang aneh. Berbeda dengan batuk biasa, batuk karena kanker limfoma Nonnhodgkin di barengi dengan cairan kelenjar yang berwarna kekuningan
  6. Demam ketika pagi hari dan menggil ketika malam hari khsusunya ketika jam 10 keatas. Sambil badan mengeluarkan keringat yang berlebihan
  7. Merasa Lelah yang sangat ekstrim
  8. Mengalami kekurangan sel darah nerah (anemia) bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri kanker limfoma non-hodgkin.

Jika sudah melihat ciri ciri atau tanda – tanda diatas, segeralah periksakan kedokter sebelum staidum akhir atau lanjut.

Ciri-ciri Kanker Limfoma Getah Bening Hodgkin. Berbeda dengan gejala yang ditimbulkan oleh Non-Hodgkin, pada Kankker Hodgkin pasien akan merasa sangat sehat. Disebabkan dampak atau efek yang timbul tidak berupa sakit yang sangat nyeri. Maka cermatila tanda-tanda berikut:

  1. Meskipun ada pembengkakan baik di ketiak, leher dan selangkangan tapi tidak menimbulkan sakit.
  2. Badan atau tubuh tiba-tiba mengigil dan demam namun badan tidak merasa pusing atau masuk angin
  3. Mengalami lelah yang terus menerus
  4. Berat badan menurun tanpa ada penjelasan yang dapat dijadikan alasan
  5. Selera makan menjadi hilang
  6. Sekujur tubuh atau khususnya yang terdapat kelenjar limfoma mengalami gatal-gatal yang khas
  7. Peningkatan sensitivitas pada makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Tubuh yang tadinya tidak merasa sakit menjadi merasa sakit.

Pencegahan dan Pengobatan. Untuk mencegah dan mengobatikanker limfoma getah bening ini sebenarnya sangat mudah apalagi jika gejalanya masih staidum awal atau 1 & 2, namun akan sangat sulit jika sudah menicak staidum lanjut atau akahir 3& 4.  Oleh sebab itu setelah anda mengalami gejala diatas, segeralah periksakan ke dokter terpercaya spesialisnya. Mudah-mudahan informasi mengenai ciri-ciri kanker limfoma bermanfaat.