Ciri-ciri Kanker Hati dan Penyebab Kanker Hati

Ciri-ciri Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai - Cirikanker.com,- Kanker hati merupakan penyakit akibat infeksi sel tumor yang berada di bagian organ dan hati atau jaringan  liver. Menurut lokasi pertumbuhan dan penyebaran selnya (metastasis) kanker hati ada dua klasifikasi, yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Jenis kanker hati yang paling umum di derita masyarakat Indonesia adalah kanker hati primer hepatocellular carcinoma (HCC) atau Hepatoma yang berasal dari komplikasi penyakit hepatitis (peradangan pada organ hati) dan kondisi sirosis.

ciri-ciri kanker hatiCiri-ciri Kanker Hati dan Penyebabnya

Salah satu penyebab resiko terjadinya kanker hati yang paling tinggi adalah akibat kerusakan organ hati seperti sirosis, penyebab lainnya bisa karena infeksi virus hepatitis B dan C, Penyakit perlemakan hati non Aloholik, hepatitis autoimun, sirosis bilier primer, dan hemokromatosis (terlalu banyak zat yang besi yang menumpuk dalam tubuh) Simak ciri-ciri kanker hati dibawah ini.

Penyakit ini merupakan penyait yang sangat beresiko tinggi terhadap kematian, dan sangat berbahaya  bagi sekitar sebab menurut beberapa study di ketahui bahwa penyakit ini bisa menular baik kepada anak-anak atau dewasa, terlepas dari jenis kelamin pria dan wanita. Agar tidak terjadi dampak yang semakin parah, hendaknya kita lihat Tanda-tanda atau ciri-ciri kanker hati, sebagai berikut:

7 Ciri-Ciri Kanker Hati Yang Wajib Anda Waspadai

  1. Ciri-ciri kanker hati yang pertama adalah munculnya Benjolan dibagian kanan perut sebelah atas. Benjolan ini disebabkan oleh berkembangnya sel kanker secara cepat di bagian hati. Jika tidak segera di atasi dapat menyebabkan tumor hati ganas. Ada perbedaan antara benjolan kanker dengan benjolan peradangan, bedanya jika akibat peradangan cepat pulih, sebaliknya jika kanker semakin hari benjolannya akan semakin parah.
  2. Tangan dan Kaki Menjadi Bengkak. Jika sel tumor sudah menjalar ke organ atau jaringan tubuh lainnya, khususnya sitem yang menghubungkan kaki dan tangan, maka akibat yang di timbulkannya kaki dan tangan akan menjadi bengkak.
  3. Nafsu Makan Menghilang. Akibat hati yang berfungsi sebagai penyeimbang racun rusak, maka nafsu makan menjadi hilang, akibatnya berat badan menurun dan daya tahan menjadi lemah. Penyakit lain yang akan timbul dari gejala ini adalah demam tinggi di pagi hari dan menggigil yang sangat hebat di waktu malam hari.
  4. Warna Tubuh menjadi Kuning, Khususnya Kulit dan Mata. Jika kanker hati sudah stadium Akhir atau 4 maka organ hati sudah tidak berfungsi lagi, dampaknya darah di dalam tubuh menjadi kotor akibat kotoran yang tidak tersaring hati, sehingga kotoran tadi otomatis akan menyebar ke segala penjuru arah di bagian tubuh.
  5. Urine berwarna Coklat dan Tinja berwarna hitam. Warna yang ditimbulkan ini akibat racun hasil metabolisme tidak dapat disaring secara benar oleh hati yang sudah rusak tadi, sehingga racun akan ikut dikeluarkan bersama hasil sekresi tubuh dan mempengaruhi warna seharusnya / tidak lazim baik pas buang air kecil atau buang air besar.
  6. Punggung dan Bahu menjadi Lelah padahal belum digunakan. Saraf pada bagian bahu dan punggung akan sangat di pengaruhi oleh sel tumor yang sudah menyebar, alhasil bagian ini akan merasa cepat lelah, capek dan letih. Bahkan sebagian orang akan merasakan sakit beberapa hari dan gejala ini terjadi setiap saat di tidak mengenal waktu kita sedang berada dimana.
  7. Ciri-ciri kanker hati yang terkahir adalah Muntah darah. Para penderita kanker hati pasti akan mengalami muntah darah. Darah yang dikeluarkan ketika batuk adalah darah kotor (terkontaminasi racun) yang sudah bingung mau dikeluarkan oleh tubuh lewat mana.

Sekian ciri-ciri kanker hati yang dapat kami paparkan, alangkah baiknya anda segera menganalisa tanda-tanda awal yang muncul sebelum staidum akhir atau lanjut. Sebab jika sudah terlanjur jangankan pencegahan, untuk obat, terapi tidak akan mempan untuk mengobatinya.