Ciri-ciri Kanker Anal atau Kanker Anus / Dubur

Ciri-ciri Kanker Anal Yang Harus Diwaspadai - Cirikanker.com,- Kanker anal dikenal juga dengan istilah kanker anus. Kanker ini disebabkan oleh tumbuhnya kanker tumor dibagian anus dan sekitarnya. Faktor penyebab dari kanker yang menyerang bagian ini masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah, namun kebanyakan kasus akibat hubungan sex yang tidak semestinya. Hal ini diperkuat oleh banyaknya kasus penderita kanker anal adalah mereka para penyuka sesama jenis (gay).

ciri-ciri kanker analCiri-ciri Kanker Anal / Anus/ Dubur

Beberapa universitas kedokteran terbesar dunia sudah beberapa kali melakukan peneletian namun beleum mendapatkan hasil yang pasti, ada beberapa hipotesis yang bisa diambil, diantaranya adalah adanya perubahan patologis pada anak, inveksi virus HIV, dan Human Papillomavirus (HPV).

Untuk bisa mengobati dan meminimalisir adanya dampak yang lebih besar dari infeksi tumor yang sedang berlangsung, maka perlu tindakan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel yang semakin liar, salah satu cara efektifnya adalah dengan cara melakukan pemeriksaaan dengan cepat jika mengalami ciri-ciri kanker anal yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Inilah Ciri-ciri Kanker Anal

  1. Ciri-ciri kanker anal yang pertama adalah Anal Atau Anus (Dubur) merasa nyeri. Rasa nyeri ini berbeda dengan rasa nyeri akibat ambien, atau karena luka. Rasa nyeri ini biasanya mulai dirasa namun perlahan sehingga pasien menganggapnya hal biasa, namun sayangnya rasa sakit akibat kanker tidak bisa sembuh sebleum dilakukan operasi, malah yang ada semakin parah.
  2. Kelenjar getah bening menjadi membengkak juga merupakan ciri-ciri kanker anal. Terjadinya pembengkakan ini bisa jadi akibat adanya abnormal fungsional tubuh, anda harus mewaspadainya terutama jika pembengkakan ini terjadi pada bagian anal atau anus. Pembesaran yang terjadi biasanya akan melebar kepada bagian paha bagian dalam. Anda harus segera malakukan CT scan untuk memastikannya.
  3. Ciri-ciri kanker anal selanjutnya adalah Terjadi Pendaharan pada bagian Anal. Terjadinya pendarahan terutama pada bagian rektum sering kali diabaikan oleh para pasien, terlebih lagi jika ketika BAB struktur fesesnya keras. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan pemeriksaan DRE. Pemeriksaan tersebut sering dilakukan dokter pada rumah sakit besar lainnya.
  4. Anal terasa gatal yang berkepanjangan juga bisa di identifikasi merupakan ciri-ciri kanker anal. Rasa gatal pada anal atau rektum biasa dialami akibat celana dalam yang kurang bersih atau adanya bakteri, namun berbeda jika hal tersebut disebabkan oleh kanker, rasa gatal ini akan terus terasa meski sudah di kasih antibiotik dan obat gatal lainnya.
  5. Frekuensi BAB menjadi meningkat. Frekuensi ini di pengaruhi oleh daya sensor pada saraf yang terus terangsang, sehingga membuat otak menginstruksikan bagian anal untuk mengeluarkan feses, bahkan jika sudah stadium akkhir 4, untuk BAB tidak akan lagi terkontrol.
  6. Ukuran Feses menjadi kecil. Ukuran ini disebabkan oleh saluran yang semakin menyempit. Bahkan jika pasien mengkonsumsi makanan junk food, pasien tidak akan bisa BAB sebelum meminum obat pengencer tinja.
  7. Ada Benjolan disekitar anal. Jika sudah ada benjolan disekitar anal, besar kemungkinan itu adalah benjolan dari daging tumor yang sudah membesar. Perlu dilakukan operasi pengangkatan agar supaya tidak terjadi infeksi kepada daerah sekitar.
  8. Ciri-ciri kanker anal yang terakhir adalah Buang Air Besar Berdarah. Kotoran yang di buang oleh penderita kanker Anal pasti akan mengeluarkan darah, terutama jika stadium akhir dan belum melakukan operasi pengangkatan Kanker.

Mudah-mudahan informasi tentang ciri-ciri kanker anal bisa membantu anda. Kami berpesan dari sekarang berhentilah melakukan hubungan yang menyimpang seperti berhubungan lewat belakang atau berhubungan sesama jenis, karena rata-rata penderita kanker anal adalah yang gemar melakukan hubungan yang menyimpang.